Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

4 MANFAAT UTAMA MENGGUNAKAN PERSONALISASI AI DALAM E-COMMERCE

The Best consultant business in Surabaya

4 MANFAAT UTAMA MENGGUNAKAN PERSONALISASI AI DALAM E-COMMERCE

Dengan perkembangan zaman yang cepat banyak sekali teknologi yang dapat membantu bisnis Anda. Setiap perkembangan teknologi pasti ada kegunaanya dan salah satu teknologi yang memiliki kegunaan yang pentimg bagi kehidupan manusia yaitu teknologi AI. Dengan perkembangan teknologi AI banyak sekali pekerjaan yang berhubungan dengan internet bisa terbantu. Anda bisa menggunakan teknologi AI untuk melakukan personalisasi bisnis ecommerce anda dan kami sudah membuat daftar keuntungan dari penggunaan teknologi AI dalam bisnis ecommerce di bawah ini.

Baca artikel juga: manfaat e-commerce bagi industri manufactur

1. Mengotomatiskan Pengalaman Layanan Pelanggan Anda
Teknologi AI dapat digunakan sebagai asisten digital dan meringankan tim customer service Anda, terutama melalui penggunaan chatbot.
Chatbots adalah program yang dapat mensimulasikan percakapan manusia, mereka cukup pandai meniru ucapan manusia dan memahami pertanyaan secara keseluruhan, yang berarti mereka dapat membantu menyelesaikan pertanyaan dukungan pelanggan dengan cepat dan mudah.
Perusahaan yang secara teratur menggunakan chatbots adalah Facebook, Slack dan Spotify karena mereka adalah cara yang bagus bagi pelanggan Anda untuk menemukan jawaban dengan cepat, membimbing mereka untuk membuat keputusan pembelian dan meringankan tim dukungan pelanggan Anda.
Tapi bukan hanya itu yang bisa mereka lakukan. Chatbots dapat melakukan lebih jauh untuk memulihkan gerobak yang ditinggalkan, menghasilkan prospek baru, dan mengelompokkan lalu lintas situs web Anda. Pemasaran chatbot jelas merupakan industri yang berkembang pesat dan tidak heran, dengan perkiraan 91% pengguna internet berinteraksi dengan mereka setiap hari. Jadi, jika Anda belum memakai chatbot, segeralah.

2. Lebih Memahami Pelanggan Anda
Tingkat konversi penjualan bergantung pada seberapa baik Anda mengenal pelanggan Anda dan AI dapat memproses data dalam jumlah besar untuk membantu Anda melakukan hal itu.
AI dapat memanfaatkan berbagai data tentang pelanggan Anda untuk menyusun pesan-pesan ini seperti:
• Usia
• Lokasi
• Perangkat
• Riwayat Pembelian
• Halaman apa yang mereka klik
Mencoba memproses dan menganalisis semua data ini secara manual akan sangat mahal dan memakan waktu, AI adalah alternatif yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih efisien.
Dan berkat semua pemrosesan data ini, Anda dapat memahami pelanggan Anda luar dalam dan menciptakan kampanye penjualan dan pemasaran yang lebih efektif, yang membawa kami ke manfaat besar berikutnya.

3. Meningkatkan Tingkat Konversi
Konsumen jauh lebih menerima pesan yang dipersonalisasi dan disesuaikan dengan mereka daripada pesan pemasaran massal yang sebenarnya tidak mereka minati. Inilah sebabnya mengapa personalisasi di eCommerce sangat penting untuk meningkatkan konversi Anda. Faktanya, 80% konsumen lebih cenderung melakukan pembelian dari merek yang memberikan pengalaman yang dipersonalisasi.
Personalisasi dapat meningkatkan penjualan dengan menggunakan data untuk melakukan hal-hal seperti membuat rekomendasi produk yang sangat dipersonalisasi kepada pelanggan, mengirimkan urutan email keranjang terbengkalai otomatis, dan membuat berbagai penawaran untuk berbagai segmen pelanggan Anda.
Manfaat besar AI yang bena-benar mengagumkan adalah AI juga dapat menggunakan data tentang pelanggan itu dan pelanggan lain yang berpikiran sama untuk kemudian secara otomatis merekomendasikan produk lain yang mungkin diminati pelanggan tersebut. Ini meningkatkan peluang upselling dan membuat mereka membeli produk tersebut.

Baca juga artikel : strategi marketing cara menjual produk melalui media sosial

4. Meningkatkan Kampanye Pemasaran Omnichannel
Pemasaran omnichannel adalah saat Anda menciptakan pengalaman pelanggan yang terpadu dan mulus di berbagai saluran dan platform sosial seperti email, Facebook, Instagram, dan YouTube. Membuat pesan yang saling terhubung di seluruh platform ini dapat memberikan pengalaman yang sangat dipersonalisasi kepada pelanggan Anda yang relevan dengan perjalanan pembeli unik mereka.
Bisnis yang mengadopsi strategi omnichannel mencapai tingkat retensi pelanggan tahun-ke-tahun 91% lebih besar daripada bisnis yang tidak, tetapi itu hanya benar-benar efektif ketika semua platform Anda yang berbeda berinteraksi dalam beberapa cara.
AI dapat membantu berbagai platform Anda “berbicara” satu sama lain dan meningkatkan personalisasi pengalaman pelanggan Anda, yang berarti Anda tidak akan membuang-buang pengeluaran iklan dengan menargetkan pelanggan dengan penawaran yang tidak relevan.
Pemasaran omnichannel yang efektif menjadi semakin penting dalam perekonomian saat ini karena penelitian menunjukkan bahwa konsumen sekarang membutuhkan rata-rata hampir enam titik kontak dengan merek sebelum membeli barang, sedangkan lima belas tahun yang lalu mereka hanya membutuhkan dua.

Akhir Kata
Memiliki pengalaman pengguna yang luar biasa adalah hal mendasar bagi bisnis eCommerce apa pun. Pelanggan harus dapat dengan mudah menavigasi situs web Anda dan menemukan produk yang relevan dengan cepat. Jika mereka tidak bisa, mereka akan terpental dan pergi ke tempat lain. AI dapat membantu meningkatkan pengalaman belanja online pelanggan Anda dan memandu mereka untuk membeli dengan menggunakan chatbots interaktif, pencarian visual yang dipersonalisasi, dan dengan menggunakan perilaku pengguna dan tren produk untuk merekomendasikan produk kepada pelanggan yang benar-benar mereka minati.
Demikian 4 manfaat utama dari AI untuk ecommerce. Semoga bermanfaat.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp