Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

4 JENIS OTOMASI UNTUK KEMAJUAN BISNIS ANDA

The Best consultant business in Surabaya

4 JENIS OTOMASI UNTUK KEMAJUAN BISNIS ANDA

Alat otomatisasi bisnis membantu perusahaan dan pelanggan mereka dengan mengotomatiskan tugas sehari-hari yang berulang. Mereka membebaskan karyawan untuk fokus pada proyek yang lebih strategis dan menyediakan jejak data yang dapat diaudit yang dapat digunakan tim untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan menerapkan kontrol yang konsisten.
Perusahaan dari semua ukuran dapat menerapkan otomatisasi bisnis ke berbagai tugas, proyek, dan proses. Manfaat utama biasanya mencakup penghematan waktu dan biaya, penghapusan kesalahan dan pengaturan kontrol untuk memastikan bahwa kebijakan diikuti.
Alat otomatisasi bisnis menggunakan teknologi untuk menghilangkan tenaga kerja manual dari proses bisnis sehari-hari. Dari sumber daya manusia hingga penjualan hingga akuntansi, hampir setiap sudut operasi bisnis dapat memperoleh manfaat dari otomatisasi bisnis.
Dengan menggunakan otomatisasi bisnis, perusahaan dapat menghilangkan kebutuhan akan tenaga kerja manual sekaligus meningkatkan dan menyederhanakan langkah-langkah individual yang membentuk proses yang berbeda. Misalnya, dengan mengotomatiskan proses seleksi kandidat pekerjaan awal, perusahaan dapat menghemat jam kerja yang signifikan yang seharusnya dihabiskan untuk meninjau semua aplikasi yang diterima.
Lebih dari sekadar mengganti kertas dan PDF dengan data digital, faktor otomatisasi bisnis dalam langkah-langkah kunci dalam alur kerja perusahaan dan kemudian membuat proses ini lebih murah, lebih cepat, dan lebih sedikit kesalahan. Dengan membawa proses ini ke satu atau lebih platform teknologi, perusahaan juga mendapatkan kemampuan pelaporan yang lebih baik dan kemampuan untuk menganalisis data dari waktu ke waktu, kemudian menggunakannya untuk pengambilan keputusan yang lebih tepat.
Jenis Otomasi Bisnis
Dengan membuat proses bisnis tertentu “otomatis”, otomatisasi bisnis menghilangkan tugas yang berulang, mengurangi jam yang terbuang untuk tugas yang berlebihan, dan membantu meningkatkan produktivitas secara keseluruhan. Untuk alasan ini dan lainnya, semakin banyak organisasi yang memasukkan lebih banyak otomatisasi bisnis ke dalam operasi mereka.
Berikut adalah empat jenis otomatisasi bisnis, cara kerjanya dan kapan harus digunakan.

OTOMATISASI PEMASARAN
Pemasaran adalah aktivitas bisnis penting yang bisa melelahkan dan mahal, membuatnya matang untuk penyederhanaan melalui otomatisasi.
Melalui alat otomatisasi pemasaran (yang biasanya berbentuk perangkat lunak), perusahaan dapat menghasilkan prospek berkualitas tinggi yang siap untuk keterlibatan penjualan. Alat-alat ini juga menyediakan kerangka kerja bagi tim untuk menargetkan, membangun, melaksanakan, dan mengukur keberhasilan kampanye pemasaran—menghilangkan kerumitan dari kualifikasi dan konversi prospek.
Beberapa perangkat lunak otomatisasi pemasaran dapat mengotomatiskan proses pemasaran email, memungkinkan perusahaan untuk menyelaraskan kampanye ini dengan lebih baik dengan upaya tim penjualan mereka. Perusahaan juga dapat menggunakan alat otomatisasi pemasaran untuk melacak dan mengukur aktivitas prospek, mengidentifikasi kapan prospek memenuhi kondisi kesiapan pembeli yang diketahui, dan mengirimkan prospek ke penjualan segera setelah memenuhi kriteria yang telah ditentukan.
Otomatisasi pemasaran berguna untuk perusahaan dari semua ukuran. Misalnya, perusahaan yang lebih kecil dapat menggunakan perangkat lunak untuk mengembangkan, menghasilkan, dan mengirim email bulanan untuk menyampaikan konten atau penawaran yang relevan ke daftar distribusi klien. Proses ini dapat secara signifikan mengurangi jumlah jam yang dihabiskan untuk “sentuhan” pelanggan selama setahun.
Sementara itu, perusahaan yang lebih besar mungkin ingin memanfaatkan fitur otomatisasi pemasaran yang diperluas, seperti segmentasi dinamis dari basis data pelanggan yang luas, penargetan pelanggan dengan pesan otomatis melalui media sosial dan teks, atau alur kerja yang dibuat khusus yang selaras dengan kebutuhan perusahaan. proses pemasaran tertentu.
Dengan mengotomatiskan pemasaran online dan kampanye pembuatan prospek, perusahaan dapat mengurangi biaya pengembangan dan menjalankan kampanye ini. Hal ini, pada gilirannya, membantu menciptakan laba atas investasi (ROI) terukur yang lebih tinggi untuk setiap kampanye tersebut.

Baca juga artikel tentang : Tips Membuat Manajemen Autopilot yang Efektif

OTOMASI AKUNTANSI DAN PEMBUKUAN
Dengan mengotomatisasi fungsi akuntansi dan pembukuan mereka, perusahaan dapat menghemat banyak waktu untuk piutang (AR), hutang (AP), penagihan, penagihan, aplikasi kartu kredit, pencadangan data, dan proses keuangan lainnya yang harus dikelola setiap hari atau setiap minggu.
Mereka juga dapat menerapkan otomatisasi ke proses inti seperti menutup buku, manajemen buku besar (GL) dan manajemen rekening bank. Dengan menghapus elemen manual dari pekerjaan tim akuntansi—dan menangani pekerjaan penghitungan angka dan transaksional—otomatisasi membuat proses yang kompleks menjadi lebih mudah dikelola.
Ambil manajemen hutang, misalnya. Tentang 55% perusahaan masih menangani proses AP mereka secara manual. Menggunakan sistem otomatis untuk area spesifik manajemen keuangan bisnis ini menghemat uang dan waktu: Pengambilan data dilakukan secara otomatis, faktur secara otomatis dicocokkan dengan dokumen, dan persetujuan dialihkan secara elektronik. Ini juga mengurangi kesalahan data dan membantu mencegah penipuan melalui sistem kontrol “tanpa sentuhan” yang terjadi di belakang layar.
Gabungan, fungsi-fungsi ini diterjemahkan menjadi manfaat penting. Perangkat lunak otomatisasi AP mengurangi tugas manual dan membebaskan arus kas. Tim dapat mengirimkan faktur, mengelola persetujuan, dan memproses pembayaran melalui satu platform dengan persetujuan cepat dan visibilitas serta kontrol yang lebih baik atas proses dan data keuangan penting.
Untuk perusahaan dari semua ukuran, akuntansi adalah proses yang memakan waktu yang mencakup banyak langkah manual. Dengan mengotomatiskan beberapa atau semua langkah tersebut, perusahaan dapat meluangkan waktu untuk tugas-tugas penting seperti analisis, strategi, dan kolaborasi di antara anggota tim.

OTOMATISASI PROSES
Otomatisasi proses bisnis (BPA) melampaui otomatisasi dasar dan menggabungkan integrasi aplikasi untuk membantu perusahaan meningkatkan nilai dan efisiensi. Bagian dari BPA, robotic process automation (RPA) berfokus pada otomatisasi tugas-tugas rutin, sementara BPA membantu perusahaan mendapatkan lebih banyak dari investasi otomatisasi mereka. BPA melakukan ini dengan menggabungkan data di berbagai sumber untuk mengembangkan analisis yang akan sulit dicapai secara manual.
Perusahaan menggunakan BPA untuk fungsi seperti:
• Entri pesanan otomatis
• Otomatisasi email
• Pemrosesan batch otomatis
• Transfer file otomatis
• Pembuatan dan distribusi laporan otomatis

Dari perekrutan hingga manajemen email hingga akuntansi, hampir setiap sudut operasi bisnis akan mendapat manfaat dari BPA, yang tidak hanya menggantikan tenaga kerja manual tetapi juga menyederhanakan dan meningkatkan langkah-langkah alur kerja yang membentuk proses. Saat proses bisnis diotomatisasi, seluruh langkah dalam alur kerja yang ada—rantai email dan transfer dokumen, misalnya—dieliminasi.

OTOMATISASI SDM
Mempekerjakan karyawan baru adalah proses multi-langkah yang dimulai dengan iklan pekerjaan online atau upaya rekrutmen dan berakhir ketika karyawan tersebut resmi bergabung. Banyak langkah dalam proses ini dapat diotomatisasi.
Sebuah sistem manajemen sumber daya manusia (HRMS) adalah alat yang berharga untuk melakukannya. Sebagai bagian dari serangkaian fungsi yang lebih luas, sistem ini mengotomatiskan proses manajemen kandidat. Ini berkaitan secara khusus dengan penawaran pekerjaan otomatis yang dikirim langsung ke kandidat, yang membantu berbagi peran untuk diisi baik ke dunia luar maupun karyawan saat ini yang mungkin ingin melamar pekerjaan internal atau membuat rujukan.
HRMS sangat berharga bagi perusahaan yang mengutamakan pengalaman kandidat—mulai dari melamar, melanjutkan manajemen, menjadwalkan wawancara, hingga membuat penawaran, hingga orientasi. Dengan menggunakan otomatisasi ini, tim SDM dapat memproses lamaran pekerjaan, menangani penggajian, mengelola data karyawan saat ini dan sebelumnya, meningkatkan proses penyediaan pengguna, dan mengelola manfaat.
Karena HRMS mengotomatiskan semua aspek manajemen sumber daya manusia, termasuk orientasi dan penggajian, HRMS menyediakan analitik lengkap di seluruh proses ini. Ini juga mengotomatiskan proses SDM inti seperti mengelola waktu istirahat karyawan, tunjangan, dan dasar-dasar lainnya. Dengan menggunakan analitik, sistem ini juga memberikan wawasan penting tentang produktivitas dan efisiensi tenaga kerja perusahaan.
Tugas SDM lain yang dapat dikelola perangkat lunak meliputi:
• Retensi dan pengambilan catatan karyawan.
• Review lamaran kerja yang dikirim secara online.
• Distribusi dan penandatanganan kontrak kerja, perjanjian kerahasiaan, keringanan dan dokumentasi karyawan baru lainnya.
• Manajemen formulir pajak karyawan.
• Kelayakan pendaftaran manfaat.
• Persyaratan pelatihan (misalnya, ketika seorang karyawan pindah ke posisi baru).

Ditugaskan untuk mengevaluasi pekerjaan karyawan, departemen SDM dapat menggunakan data sistem untuk melacak semua tugas setiap karyawan dan menghasilkan laporan siap pakai untuk manajer dan pemimpin. Jika, misalnya, pergantian karyawan di gudang telah menjadi masalah serius selama 90 hari terakhir, perusahaan dapat menggunakan alat SDM untuk menunjukkan masalah spesifik dan membuat keputusan perekrutan yang lebih baik.
Alat mana yang Anda gunakan untuk mengotomatisasi bisnis Anda akan bergantung pada proses spesifik yang paling membutuhkannya. Dengan memetakan kebutuhan Anda sebelumnya, dan dengan mengidentifikasi area utama bisnis Anda yang siap untuk otomatisasi, Anda akan dapat memilih solusi terbaik untuk masalah tertentu.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, kami membuka layanan konsultasi untuk bisnis Anda. Silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp