Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

3 POIN YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN OLEH OPERATOR GUDANG SEBELUM BERINVESTASI DALAM OTOMASI

The Best consultant business in Surabaya

3 POIN YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN OLEH OPERATOR GUDANG SEBELUM BERINVESTASI DALAM OTOMASI

Gudang sedang mengalami transformasi saat rantai pasokan bersiap untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari cara belanja favorit baru di dunia yaitu e-commerce. Banyak organisasi telah mulai mengotomatiskan operasi mereka dengan harapan dapat mengatasi permintaan ini.
Namun, ada tiga hal utama yang harus dipertimbangkan setiap organisasi sebelum mengambil langkah maju berikutnya: kebutuhan akan keseimbangan, meningkatkan pengalaman pekerja lintas generasi, dan semakin pentingnya analitik preskriptif dan prediktif. Mari kita bahas lebih rinci lagi.

1. Mencapai Keseimbangan
Saat ini, keseimbangan paling optimal di gudang adalah melalui otomatisasi dan augmentasi parsial. Dengan kata lain, merangkul otomatisasi mungkin sama mendasarnya dengan memasangkan pekerja dengan teknologi yang mendukung alur kerja utama mereka.
Ada banyak jenis perangkat komputasi seluler, pencetakan, pemindaian barcode, dan identifikasi frekuensi radio (RFID) yang masing-masing dirancang untuk mengotomatiskan pengambilan data, kolaborasi, dan pengambilan keputusan dalam proses tertentu.
Solusi ini, sambil membantu operasi berjalan lebih lancar, tidak mengambil pekerjaan dari pekerja melainkan melengkapi dan meningkatkan keterampilan mereka. Mereka membantu meningkatkan kecepatan dan akurasi yang digunakan pekerja untuk melakukan setiap tugas dan dapat membebaskan mereka untuk pekerjaan bernilai lebih tinggi dengan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk input manual.
Keseimbangan yang sama ini dapat dicapai pada skala yang lebih besar lagi karena augmented reality (AR), Internet of Things (IoT), sensor, otomasi cerdas, dan teknologi otomasi industri digabungkan. Faktanya, banyak dari solusi otomatisasi canggih ini, ketika diatur dengan benar dalam alur kerja, dapat sepenuhnya menangani tugas-tugas biasa dan persyaratan bisnis yang lebih menantang yang mungkin lebih cocok untuk mesin daripada manusia.

2. Meningkatkan Pengalaman Pekerja untuk Semua Generasi
Seperti yang diketahui oleh operator gudang mana pun, menarik, mempekerjakan, atau mempertahankan pekerja bisa jadi sulit. Itulah mengapa sangat penting untuk memberdayakan profesional berpengalaman bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.
Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memilih teknologi yang sepenuhnya mendukung mereka. Misalnya, mengotomatiskan komponen utama proses logistik, seperti pengambilan dan analisis data, inspeksi kontrol kualitas, dan pergerakan pesanan dapat membantu operator gudang menarik dan mempertahankan generasi milenial yang akan membentuk 75% tenaga kerja pada tahun 2025, karena lebih banyak alur kerja otomatis akan memperkaya mereka. pengalaman kerja.
Studi menunjukkan karyawan dengan kepuasan kerja dan semangat kerja yang tinggi cenderung lebih produktif, yang merupakan kemenangan bagi operator gudang yang berusaha untuk melampaui permintaan.
Jadi, ketika ingin menarik dan mempertahankan talenta baru, pikirkan tentang menggunakan solusi yang membantu mereka secara konsisten mencapai hasil yang lebih cepat dan lebih akurat.

Baca juga artikel tentang : Teknologi Gudang Inovatif yang Perlu Anda Miliki

3. Semakin Pentingnya Analisis Prediktif
Analitik prediktif memberikan analisis tingkat tinggi tentang kinerja historis dan tren pasar untuk membantu tim memahami penyesuaian apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas guna meningkatkan hasil.
Juga penting adalah solusi analitik preskriptif yang menentukan, dan kemudian mengartikulasikan kepada operator gudang, apa yang terjadi saat ini, mengapa hal itu terjadi dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Sistem kemudian meminta pekerja yang tepat untuk mengambil tindakan, memberi tahu mereka “langkah terbaik berikutnya” yang harus diambil agar berhasil menyelesaikan masalah atau memaksimalkan peluang.

Gambaran Besar Dampak Otomatisasi
Manusia memainkan peran penting dalam pelaksanaan operasi gudang. Sistem otomatis yang bekerja bersama mereka atau di belakang layar memberi mereka keuntungan saat tekanan meningkat untuk berbuat lebih banyak setiap hari.
Dengan adanya tugas yang didelegasikan ke mesin, mampu membuat pengambilan keputusan menjadi lebih kolaboratif, pekerja akan dapat menyelesaikan tugas paling penting dengan cara yang sangat menentukan untuk menjaga operasi berjalan lancar.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp