Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

3 CARA MEMPERBAIKI KEKURANGAN TENAGA KERJA UNTUK INDUSTRI MANUFAKTUR

The Best consultant business in Surabaya

3 CARA MEMPERBAIKI KEKURANGAN TENAGA KERJA UNTUK INDUSTRI MANUFAKTUR

Sebagian besar organisasi mengalami kekurangan tenaga kerja. Ketika para pakar memperdebatkan penyebabnya, ternyata ditemui masalah yang sangat nyata di banyak organisasi dan perlu diperbaiki. Dalam artikel kali ini akan kami sampaikan tiga cara yang bisa membantu Anda untuk memperbaiki kekurangan tenaga kerja di perusahaan Anda.

1. Tingkatkan upah
Solusi pertama adalah menaikkan upah. Perusahaan seperti McDonalds mengumumkan kenaikan upah untuk menarik pekerja – langkah yang telah diterima dengan baik oleh karyawan dan masyarakat luas. Pada prinsipnya, mudah untuk membuang uang pada masalah, tetapi dalam praktiknya, itu tidak mungkin. Upah yang lebih tinggi memotong keuntungan sehingga Anda perlu membuat alasan kuat agar tidak merugikan Anda.
Pendekatan lain mungkin untuk memeriksa risiko tidak menaikkan upah dengan menyamakan kekurangan tenaga kerja dengan penurunan layanan pelanggan dan, pada gilirannya, mengurangi penjualan. Apa pun yang terjadi, Anda menghadapi perjuangan berat untuk mendapatkan dukungan eksekutif yang diperlukan untuk menaikkan gaji.

Baca juga artikel tentang : 8 Cara Jitu agar Bisnis Anda Bisa Berkembang

2. Tambah jam
Opsi kedua adalah meminta karyawan Anda yang ada untuk bekerja lebih lama. Memberikan lebih banyak jam kerja kepada tenaga kerja Anda saat ini mengurangi kebutuhan untuk merekrut pekerja baru, bersama dengan biaya pelatihan dan orientasi yang terkait dengan perekrutan. Dua rintangan besar perlu diselesaikan agar solusi ini berfungsi:
• Karyawan Anda harus bersedia mengambil lebih banyak jam kerja. Beberapa mungkin senang melakukan ini, yang lain tidak akan atau tidak bisa karena pengasuhan anak, komitmen lain seperti sekolah, atau gaya hidup. Oleh karena itu, menawarkan lebih banyak jam kerja dapat mengurangi kekurangan tenaga kerja tetapi mungkin tidak sepenuhnya menghilangkannya. Akan sangat membantu untuk menyediakan teknologi yang memungkinkan karyawan Anda melihat shift apa yang tersedia dan membiarkan mereka memilih shift yang mereka inginkan untuk bekerja.
• Mereka yang paling mungkin mengambil jam tambahan akan melakukannya untuk mendapatkan bayaran lembur. Bagi banyak organisasi, lembur adalah sesuatu yang harus dihindari dengan cara apa pun. Faktanya adalah bahwa lembur bisa lebih murah daripada mempekerjakan pekerja baru. Hal ini disebabkan oleh biaya perekrutan, biaya tunjangan, dan produktivitas pekerja berpengalaman yang lebih tinggi. Organisasi yang mampu mengatasi kemacetan mereka dengan lembur akan memiliki posisi yang baik untuk menjaga operasi tetap berjalan selama kekurangan tenaga kerja.

3. Tingkatkan produktivitas
Solusi ketiga adalah meningkatkan produktivitas tenaga kerja Anda yang ada. Meningkatkan output pekerja yang sudah menjadi staf dapat mengurangi kebutuhan jumlah pekerja dan kebutuhan akan lembur. Ada dua cara untuk meningkatkan produktivitas:
• Peningkatan produktivitas dapat berasal dari ide-ide besar seperti menghilangkan tugas, mengurangi frekuensi pelaksanaan tugas tertentu, atau mendesain ulang tugas sepenuhnya. Semakin besar idenya, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengimplementasikannya. Jadi, ketahuilah bahwa jalur ini mungkin tidak berdampak langsung pada kekurangan tenaga kerja Anda, tetapi akan berdampak besar dan berkelanjutan saat diterapkan.
• Keuntungan besar bisa datang dari perubahan kecil. Berbeda dengan ide-ide besar yang disebutkan di poin terakhir, perubahan kecil seringkali dapat diimplementasikan dengan cepat. Untuk menemukan peluang seperti itu, cari tugas yang sering dilakukan. Menghilangkan hanya satu langkah dalam tugas yang sering dilakukan atau memindahkan peralatan lebih dekat ke tempat tugas dilakukan untuk mengurangi waktu perjalanan dapat berdampak besar pada produktivitas. Menghemat beberapa detik mungkin tidak tampak banyak tetapi ketika penghematan itu terjadi ribuan kali sehari di setiap toko di seluruh portofolio Anda, itu mulai bertambah dengan cukup cepat.

Satu ukuran tidak cocok untuk semua saat mengatasi kekurangan tenaga kerja. Setiap organisasi memiliki perbedaan masing-masing, dan apa yang berhasil untuk satu organisasi dapat bekerja secara berbeda untuk yang lain karena budaya, demografi, geografi, industri, dan banyak lagi. Kabar baiknya adalah bahwa setiap solusi yang diuraikan di atas dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi dengan yang lain. Mereka dapat diimplementasikan secara paralel atau berurutan. Yang penting adalah bertindak karena satu hal yang pasti: Anda tidak akan menyelesaikan kekurangan tenaga kerja Anda dengan menunggu lebih banyak pekerja muncul.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silahkan hubungi kami di nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp