Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

10 TIPS MENCEGAH KERUSAKAN PENGIRIMAN PADA BISNIS E-COMMERCE

The Best consultant business in Surabaya

10 TIPS MENCEGAH KERUSAKAN PENGIRIMAN PADA BISNIS E-COMMERCE

Produk yang rusak adalah biaya yang disayangkan tetapi tidak dapat dihindari dalam melakukan bisnis. Saat Anda membeli item di dalam toko, terkadang Anda dapat melihat kerusakan sebelum membelinya, dan malah menemukan item yang sempurna. Namun dalam dunia e-commerce, konsumen tidak memiliki kemewahan untuk memeriksa barang secara fisik sebelum mereka membeli, sehingga menghilangkan proses kontrol kualitas ini. Terlebih lagi, tindakan pengiriman dapat meningkatkan risiko kerusakan.
Selama dalam perjalanan, ada kemungkinan paket akan rusak karena pengirim, penanganan yang tidak tepat, terkena air, dan banyak kemungkinan lain yang dapat mengganggu pesanan. Produk yang rusak adalah masalah besar bagi pedagang, karena mereka sering berada di luar kendali mereka, dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, dan sangat mahal untuk produk berkualitas tinggi.
Biaya penggantian produk yang rusak tinggi, termasuk biaya pengiriman untuk mengirim kembali barang yang rusak ke pedagang, biaya pengiriman untuk mengganti produk yang rusak dengan pengiriman ulang, dan biaya persediaan yang tidak dapat dijual itu sendiri. Oleh karenanya dalam artikel ini akan kami sampaikan cara untuk mencegah kerusakan sehingga Anda dapat menurunkan biaya dan membuat pelanggan Anda senang.


5 Penyebab Paling Umum Kerusakan Pengiriman Di E-Commerce
Berikut adalah beberapa alasan paket menjadi rusak di beberapa titik selama proses pengiriman.

1. Terlalu banyak ruang kosong dalam paket
Jika box atau mailer yang Anda gunakan jauh lebih besar dari produk yang dipesan, maka kemungkinan besar produk akan berdesak-desakan di dalam dan rusak jika tidak ada bantalan yang cukup.
Masalah lain dengan menggunakan kotak yang terlalu besar adalah Anda akan dikenakan biaya lebih untuk ruang yang digunakan. Berat dimensi adalah bagaimana operator menghitung dan membebankan biaya untuk pengiriman. Bahkan jika paketnya ringan, jika besar, mereka akan menagih Anda untuk ukurannya karena menghabiskan lebih banyak ruang di truk pengiriman.

Baca juga artikel tentang : 15 Taktik Pemasaran Online Efektif untuk Bisnis Kecil dengan Anggaran Rendah

2. Tidak terdapat cukup bahan bantalan
Tidak semua paket memerlukan beberapa jenis pengisi (misalnya, bantal, airbag), tetapi memiliki bantalan yang cukup untuk melindungi barang dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pengiriman. Kotak bukan satu-satunya jenis kemasan yang memberikan bantalan, jika Anda menggunakan poli mailer, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan bubble mailer jika Anda menemukan banyak pesanan rusak karena terlalu banyak ruang ekstra.

3. Kerusakan air dan kelembaban
Perubahan suhu atau cuaca buruk di sepanjang rute pengiriman dapat menyebabkan kerusakan. Selain itu, jika bungkusan tersebut ditinggalkan di luar rumah seseorang, hujan yang tidak terduga dapat merusak bungkusan dan isinya.
Kondensasi yang berlebihan dapat dengan mudah menumpuk di trailer atau kontainer jika terkena variasi suhu dan kelembaban yang ekstrem. Ketika ini terjadi, itu dapat menyebabkan lengkungan, korosi, atau cetakan yang merusak produk.
Anda dapat mempertimbangkan untuk memasukkan pengering dalam pengiriman yang akan melewati kondisi iklim yang berbeda. Mereka akan membantu menjaga kargo Anda jauh lebih kering. Anda mungkin juga perlu meninjau kembali kemasan produk Anda untuk memastikannya cukup protektif.

4. Pencurian
Meskipun pencurian tidak dianggap sebagai “kerusakan”, hal itu tetap menghasilkan biaya penggantian yang tinggi untuk bisnis Anda. Bergantung pada kapan sebuah paket dicuri (dalam perjalanan atau lebih sering, setelah dikirimkan), bisnis Anda kemungkinan akan bertanggung jawab atas paket yang hilang.

5. Infestasi
Jika Anda mengirimkan produk makanan, kutu adalah sesuatu yang harus Anda waspadai. Ini adalah kehadiran sejumlah besar serangga atau hewan (tikus) di suatu tempat, biasanya menyebabkan kerusakan pada produk Anda atau mencemari mereka sehingga tidak dapat dikonsumsi. Dalam kebanyakan kasus, infestasi terjadi selama pengiriman luar negeri di kapal barang besar. Pastikan produk Anda memiliki kemasan yang kokoh agar produk habis pakai tidak mudah bocor selain kotak luarnya.

10 Langkah Kunci Untuk Mencegah Kerusakan Pengiriman
Dengan20% dari pengembalian e-niagaterjadi karena produk yang rusak, ada banyak peluang untuk mencegah kerusakan pengiriman dan menurunkan biaya Anda.
1. Pilih ukuran kotak yang benar. Kotaknya seharusnya hanya sedikit lebih besar dari barang yang Anda kirim, dan semakin dekat, semakin baik. Pastikan memiliki cukup ruang untuk dunnage untuk mencegah produk bergerak (misalnya, jika Anda mengirim sepatu, maka kotak tempat Anda menempatkan kotak sepatu tidak boleh lebih besar dari kotak sepatu yang sebenarnya).
2. Bungkus setiap item. Jika produk Anda rapuh atau rentan pecah, meledak, atau tumpah, pastikan semuanya dibungkus dengan bahan bantalan. Mengetahui yang manajenis dunnageuntuk digunakan untuk paket Anda sangat penting untuk memastikan tidak ada yang dihancurkan.
3. Isi ruang kosong di dalam paket. Gunakan dunnage untuk mengisi ruang yang tersisa antara produk dan kotak. Idealnya, Anda ingin semua ruang kosong diisi dengan bahan kemasan yang tepat sehingga tidak ada yang bisa bergerak. Ini sangat penting untuk barang-barang seperti elektronik di mana bahkan goresan kecil dapat mencegahnya bekerja dengan benar.
4. Lakukan uji coba (atau lebih dari satu). Jika Anda bekerja dengan operator atau mitra pengiriman baru, Anda dapat melakukan uji coba atau pesanan uji untuk melihat apakah mereka mengirimkan paket tanpa rusak. Terlepas dari apakah Anda khawatir tentang paket Anda yang menimbulkan kerusakan pengiriman, masih bijaksana untuk mengirim satu atau dua paket percobaan dan melihat apakah itu berakhir di tempat tujuan dengan aman.
5. Beri label kotak sebagai rapuh. Jika produk rapuh, pastikan penangan paket mengetahui dan membubuhkan label pengiriman “Rapuh” pada kotak. Anda bahkan dapat menggunakan dua stiker di bagian samping dan atas kotak untuk memastikan mereka tidak melewatkan labelnya.
6. Gunakan indikator benturan/guncangan/kemiringan. Memasang perangkat murah ini ke paket Anda akan memberi tahu Anda di mana kerusakan mungkin terjadi di sepanjang jalan dan meminta penangan paket untuk lebih berhati-hati.
7. Kumpulkan dan tinjau data kerusakan pengiriman. Jika Anda mengalami masalah dengan kerusakan pengiriman, pastikan untuk mencatat setiap paket yang rusak, jenis kerusakannya, bagaimana hal itu terjadi, dan lakukan langkah-langkah untuk mencegah kerusakan tersebut terulang kembali.
8. Berikan waktu untuk pengujian. Sebelum menerapkan peluncuran luas barang dagangan, kemasan, atau penyedia baru, uji kinerja dunia nyata mereka. Kirim beberapa pengiriman percobaan yang sangat mencerminkan berat, volume, dan sifat produk yang akan Anda kirim.
9. Pilih transportasi udara daripada perjalanan musim semi untuk barang-barang bernilai tinggi. Getaran jalan yang berulang dapat menggosok produk Anda dengan cara yang salah. Meskipun truk dengan sistem suspensi udara tidak dapat menghilangkan risiko lecet, lecet, atau kebocoran terkait getaran, mereka secara substansial mengurangi kemungkinan tersebut.
10. Berikan forklift hak mereka (diligence). Pastikan bahwa crossdocks dan gudang memiliki lorong yang bersih dan rapi sehingga forklift dapat bermanuver dengan mudah. Tekankan pentingnya hanya menggunakan peralatan penanganan yang dirancang untuk suatu tugas—beberapa muatan produk dapat dengan mudah rusak atau terguling jika ditangani oleh jenis peralatan yang salah.

Paket pasti rusak dari waktu ke waktu. Itu terjadi. Meskipun tidak mungkin untuk mencegah 100% dari kerusakan, Anda harus bertujuan untuk mengurangi jumlah untuk meningkatkan keuntungan dalam jangka panjang.
Bisnis e-commerce harus siap dan tahu cara mengatasi kerusakan pengiriman. Untuk mencapainya, Anda dapat bekerja dengan mitra pengiriman dan logistik yang membantu Anda menyimpan inventaris dengan aman, mengemas kotak secara akurat, dan mengurangi kerusakan pengiriman dengan praktik dan teknologi terbaik. Anda ingin mendapat informasi lebih perihal manajemen logistik? Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp